Sandiaga Siapkan Lokbin untuk PKL di Jatinegara dan Kota Tua

by
BERITA
BERITA

BERITA HARI INI – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan akan segera merelokasi pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Urip Sumoharjo, Jatinegara, Jakarta Timur dan di Jalan Lada, Kota Tua, Jakarta Pusat ke lokasi binaan (lokbin). PKL di kedua lokasi tersebut hingga saat ini masih nekat berjualan di trotoar.

“Kalau misalkan yang sekarang mengokupasi trotoar tentunya harus dipastikan. Saya kan konsepnya memuliakan pejalan kaki. Tapi PKL itu harus dicarikan tempat untuk mereka jadi lokasi binaan jadi saya akan pastikan mereka saya beri (tempat di lokbin),” kata Sandi, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (2/1/2018).

Relokasi tersebut, kata Sandi, juga membutuhkan langkah-langkah yang strategis dan integratif. Sebab, Sandi ingin nantinya lokbin yang disiapkan, merupakan lokbin yang cocok dan menghadirkan solusi bagi para pedagang.

“Bukan lokbin yang akhirnya dalam waktu dua tiga bulan sudah kosong seperti di Taman Intan. Jadi kita harus refleksikan itu sebagai pembelajaran. Tentunya kita ingin lebih baik ke depan,” ujarnya.

Sandi mengaku telah menyaksikan sendiri PKL di Kota Tua yang menduduki trotoar. Ia pun mengungkapkan akan segera membentuk tim khusus untuk menyelesaikan persoalan PKL.

“Kalau Lada udah saya lihat kemarin, dan banyaknya minta ampun. Jadi itu nanti ada tim khusus yang akan dibentuk karena ada 1.000 lebih yang di daerah situ ditambah yang lagi gundah gulana di Taman Intan itu ada 456 yang sekarang minta penyelesaian,” ungkapnya.

Penyelesaian PKL, kata Sandi, merupakan tugas yang harus dituntaskan Pemprov DKI. Hal itu, juga merupakan upayanya untuk memenuhi janjinya kepada para pedagang untuk segera menuntaskan persoalan PKL yang masih terus menjadi topik hangat dalam penataan di ibu kota.

“Dalam beberapa waktu ke depan kita akan coba duduk semua, kita ajak semua pihak termasuk pemerintah pusat juga untuk memikirkan gimana kita bisa melakukan solusi buat teman-teman,” ujarnya.

Sandi enggan persoalan PKL menjadi masalah yang berlarut-larut di Jakarta. Sebab, banyak sektor yang terdampak dari penyelesaian tersebut.

“Jadi bagi kami ini tidak main-main. Karena kami nggak mau menambah pengangguran di Jakarta, kita nggak mau menambah kemiskinan di Jakarta jadi kita harus pastikan bahwa semua kebijakan itu sesuai dengan nafas pemerintah untuk mengatasi pengangguran, mengurangi kemiskinan dan mengurangi jurang ketimpangan,” tuturnya.

 

Sumber : Detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *