Rapper Indonesia Duduki Posisi Pertama Musik Amerika

by
BERITA ARTIS
BERITA ARTIS

BERTIA HARI INI – Nama Rich Brian melambung tinggi di industri musik Amerika Serikat. Remaja 18 tahun asal Jakarta ini mencetak sejarah sebagai artis Asia pertama yang menduduki posisi pertama di iTunes untuk musik hip hop.

Pemilik nama asli Brian Imanuel itu bahkan tampil di acara bincang-bincang The Late Late Show with James Corden membawakan dua lagu dari album terbarunya, Amen.

Jadi perbincangan di panggung dunia, lalu siapakah Brian dan bagaimana sepak terjangnya mengukir prestasi di kancah global?

Jika menilik ke Wikipedia, Rich Brian ditulis sebagai rapper Indonesia, produser rekaman, dan penulis lagu. Dia juga dikenal dari debut lagunya yang menjadi viral Dat $tick, rilis pada Februari 2016.

Dulunya, Brian memilih nama panggung Rich Chigga, namun kini menggantinya dengan Rich Brian.

Laporan dari Time pada 2016 menyebutkan Brian lahir pada 1999, tepat setahun setelah presiden ke-2 Indonesia Suharto lengser.

Dia merupakan anak terakhir dari empat saudara. Orangtuanya banyak menghabiskan waktu di kafe yang mereka kelola.

“Saya punya banyak waktu menyendiri,” kata Brian.

Homeschooling atau sekolah rumah menjadi bangku pendidikan yang ditempuhnya. Dia mengaku orangtuanya sangat sibuk sehingga tidak bisa mengantarnya ke sekolah.

Namun, kakak Brian, Sonia Eryka mengatakan Brian merupakan sosok anti-sosial di sekolah konvensional sehingga sekolah rumah merupakan pilihan yang tepat untuk adiknya.

“Kamu menangis setiap hari,” kata Sonia kepada Brian.

Dalam berbagai momen, dia selalu menyendiri. Brian lebih suka berkutat dengan rubik. Suatu saat, Brian menggunakan komputer orangtuanya untuk menemukan strategi menyelesaikan rubik lebih cepat.

Begitulah cara dia menemukan YouTube dan kemudian bergabung di Twitter pada Agustus 2010, ketika baru menginjak usia 11 tahun.

Brian belum bisa berbahasa Inggris, tapi tutorial di YouTube memaksanya untuk bisa belajar bahasa asing dengan cepat.

Yang terjadi selanjutnya, cerita yang sama dengan semua orang yang menemukan ‘rumah’ di internet. Dia kecanduan internet.

Awal perkenalan

Brian jatuh dalam komunitas kaum muda di Twitter, yang kebanyakan orang Amerika, dan menghabiskan waktu 13 jam di internet.

Dia bangun pagi-pagi untuk berinteraksi dengan mereka. Komunitas di Twitter menjadi satu-satunya teman bagi Brian.

Remaja kelahiran 3 September ini pernah merilis video yang memparodikan serial melodramatis di saluran TLC “My Strange Addiction”.

Dalam video itu Brian mengaku kecanduan ganja, walaupun sebenarnya dia sama sekali tidak pernah menyentuhnya.

Pada 2012, seorang teman daringnya memperkenalkan musik hip hop kepada Brian. Lagu dari 2 Chainz and Macklemore berjudul Thrift Shop menjadi pondasinya untuk belajar rapping.

“Bahasa Inggrisku sangat kacau. Belajar bagaimana nge-rap benar-benar meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisku, karena memaksaku untuk berbicara cepat dan dulunya saya sebal dengan hal itu,” katanya.

Menurutnya, hip hop sangat mirip dengan komedinya dengan bumbu-bumbu ironi.

“Dat $tick menjadi lagu pertama yang saya seriusi,” ucapnya.

Hingga kini, video musik Dat $tick telah ditonton lebih dari 84 juta kali di YouTube.

“Rich Chigga bukan saya lagi,” ujar Brian seperti dikutip dari Billboard, Kamis (1/2/2018), ketika memutuskan mengubah namanya menjadi Rich Brian pada Januari 2017, menjelang peluncuran albumnya Amen pada 2 Februari 2017.

“Berada di AS menyadarkanku bahwa saya ingin berubah,” kata Brian, yang kini tinggal di Los Angeles sejak Juli 2016.

Billboard menyebut Brian sebagai perwakilan rapper Asia yang menerjang arus.

“Saya tidak ingin masuk ke dalam kotak atau dilihat dengan cara tertentu, seperti ‘Yo, dia seorang rapper Asia’,” katanya.

Saat ini, Brian bernaung di bawah perusahaan manajemen Asia, 88rising.

Suaranya yang nyaring lagi merdu dan susunan lirik yang cerdas, Brian menulis hampir semua lagu di album Amen.

“Saya menemukan cara baru dan lagu baru sehingga menarik. Saya hanya berusaha menjadi lebih berguna,” ucapnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *