Proyek mangkrak puluhan tahun selesai di tangan Jokowi tahun 2017

by

BERITA HARI INI – Presiden Joko Widodo, pada awal pemerintahannya, mengatakan dirinya akan fokus pada pembangunan infrastruktur selama lima tahun berkuasa. Menurutnya, hal ini perlu untuk mengejar ketertinggalan dan pemerataan kesejahteraan di Indonesia.

Selain membangun proyek baru, Presiden Jokowi juga meminta jajarannya untuk menyelesaikan proyek yang mangkrak saban tahun. Presiden Joko Widodo mengatakan hambatan pembangunan proyek yang mangkrak bertahun-tahun kadang-kadang bisa diselesaikan dengan cepat dalam waktu lima menit.

“Kalau berkenaan lahan milik TNI, misalnya, tinggal telepon Panglima TNI. Kalau berkenaan dengan hutan, telepon Menteri Kehutanan,” ucap Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengakui persoalan pembebasan lahan kini menjadi satu penghambat utama penyelesaian pekerjaan proyek. Namun, dengan koordinasi dan komunikasi yang baik, banyak masalah pembangunan yang terselesaikan dengan cepat. “Untuk itulah saya sering turun ke lapangan. Untuk melihat kemajuan pekerjaan dan mengetahui masalah yang terjadi,” jelas presiden.

Salah satu proyek yang sukses terealisasi setalah bertahun mangkrak ialah kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika. Peresmian itu setelah menunggu sekitar 29 tahun karena terkendala pembebasan lahan. “Bicara Mandalika sudah hampir 29 tahun tidak rampung, karena urusan pembebasan tanah atau lahan,” ujar Presiden Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *