Polda Minta Pemprov DKI Pindahkan PKL di Jatibaru ke Blok G

by

BERITA HARI INI – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra meminta Pemprov DKI Jakarta mengembalikan fungsi Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, seperti semula. Jalan tersebut kini ditutup Pemprov DKI dan digunakan untuk para PKL berjualan. Halim mengusulkan agar PKL yang kini berjualan di Jalan Jatibaru dipindahkan ke Blok G Tanah Abang.

“Benar, saya usulkan demikian (PKL dipindahkan ke Blok G),” ujar Halim saat dikonfirmasi, Jumat (29/12/2017). Menurut Halim, pemindahan PKL ke Jalan Jatibaru tak efektif karena mengganggu arus lalu lintas.

“Karena waktu yang lalu saya lihat lebih tertib ditempatkan di (Blok) G karena kosong, jadi lebih bagus di sana dari pada dicarikan tempat yang kira-kira mengganggu lalu lintas,” kata Halim.

Usulan dari pihak kepolisian ini akan disampaikan kepada Pemprov DKI Jakarta siang nanti. “Nanti baru dibicarakan setelah shalat Jumat dengan Dishub dengan wakil wali kota (Jakarta Pusat),” ucap Halim.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup dua jalur yang ada di depan Stasiun Tanah Abang atau Jalan Jatibaru setiap hari mulai pukul 08.00-18.00. Penutupan jalan ini merupakan bagian dari konsep penataan Pasar Tanah Abang jangka pendek ala Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno.

Satu jalur akan digunakan untuk PKL, sedangkan satu jalur lainnya digunakan untuk jalur transjakarta. Para PKL disediakan tenda yang bisa didapatkan secara gratis tanpa dipungut retribusi.

Disediakan juga enam selter transjakarta di sekitar Tanah Abang yang akan beroperasi dengan mengelilingi seluruh pasar. Sementara itu, dalam jangka panjang, akan dibangun transit oriented development (TOD) di Tanah Abang.

SUMBER : KOMPAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *