Pemerintahan AS Shutdown, Beberapa Dampaknya Untuk Indonesia

by
BERITA
BERITA

BERITA HARI INI, Washington DC – Pemerintah AS tutup kerja karena ada masalah anggaran. Namun para wisatawan kena dampaknya karena beberapa destinasi dan perjalanan yang diurus pemerintah Amerika.

Saat ini sedang ramai berita ‘government shutdown’ di Amerika. Pemerintah AS tutup kerja, karena tidak ada anggaran, atau lebih tepatnya anggaran mereka tidak disetujui senat.

Ah itu sih urusan politik, mungkin begitu pikiran wisatawan. Eits, jangan salah. Urusan traveling ke Amerika bisa juga kena dampaknya gara-gara ‘shutdown government ini.

Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Sabtu (20/1/2018) pariwisata di Amerika ikut terkena dampak. Sebabnya, beberapa destinasi wisata populer diurus oleh pemerintah. Selain itu, urusan perjalanan wisatawan dari imigrasi sampai bea cukai juga diurus pemerintah.

Smithsonian Institution yang mengelola 19 museum dan galeri seni di Washington DC, dari situs resminya seperti dilihat detikTravel mengumumkan kalau mereka buka sampai akhir pekan ini. Namun Senin, 22 Januari mereka tutup karena tidak ada uang operasional.

Museum yang tutup antara lain National Museum of American History, National Museum of Natural History, National Air and Space Museum dan belasan museum dan galeri lainnya. National Zoo yang diurus mereka juga nasibnya sama. Wisatawan dipersilakan mencari destinasi wisata lainnya.

Sementara untuk taman nasional, disebutkan kalau Departemen Dalam Negeri AS tetap membukanya. Namun layanan untuk wisatawan dikurangi.

NBC Washington dalam berita mereka lebih lanjut membahas urusan perjalanan darat dan udara keluar masuk Amerika. Untuk penerbangan, petugas air traffic control tetap kerja memantau pesawat. Petugas keamanan bandara (TSA) tetap kerja meskipun tidak ada anggaran.

Pun demikian dengan Bea Cukai AS. Bisa gawat kalau 3 badan ini ditutup. Bagaimana dengan traveler yang mau keluar masuk Amerika? Duh, bikin deg-degan saja.

Wisatawan sebaiknya tetap memantau perkembangan situasi di Amerika. Paling aman adalah liburan ke objek wisata milik swasta, misalnya taman rekreasi. Urusan internal pemerintah Amerika, mestinya jangan sampai bikin ribet wisatawan yang mau liburan ke sana juga ya…

 

Sumber : Detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *