Gempa Di Lombok Yang Mengakibatkan 46 Orang Luka-luka

by
Gempa Di Lombok Berkekuatan 7 SR

Gempa Di Lombok Berkekuatan 7 SR

Gempa Di Lombok Berkekuatan 7 SR

Badan Meteorologi, Klimatologi serta Geofisika (BMKG) mengatakan, gempa di lombok berkekuatan 7 SR yang mengguncang Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada waktu 18. 46 WIB merupakan gempa utama.

Tipe gempa bumi dangkal karena pekerjaan Sesar Naik Flores ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan proses gerakan naik, yang berpusat pada koordinat 8, 37 derajat Lintang Selatan (LS) serta 116, 48 derajat Bujur Timur (BT) pada kedalaman 15 km. (km) berjarak 18 km timur laut Lombok Timur.

” Mengingat pusat gempanya relatif sama seperti gempa bumi yang berlangsung pada 29 Juli 2018 jadi BMKG mengatakan jika gempa bumi ini adalah gempa bumi utama atau main shock dari serangkaian gempa bumi awal kalinya, ” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam pertemuan pers di Jakarta, Minggu malam (5/8/2018).

Gempa Di Lombok Mengakibatkan Banyak kerusakan

Gempa Di Lombok Mengakibatkan Banyak kerusakan

Dia menyampaikan, gempa bumi ini mengakibatkan rusaknya sangat kronis di Mataram, Lombok, dengan taraf intensitas gempa VII MMI. Demikian diberitakan dari Pada.

Sesaat di lokasi Bima dan Denpasar serta Karangasem, Bali, skalanya lebih rendah kira-kira V sampai VI MMI. Mempunyai arti mengakibatkan rusaknya gampang pada bangunan yang punya standard konstruksi tahan gempa.

28 Kali Gempa
Guncangan gempa dengan taraf intensitas, semestinya tdk memicu rusaknya pada bangunan yang tahan gempa.

” Faktanya gempa bumi ini dapat mengakibatkan rusaknya yang lebih kronis di Lombok serta beberapa lokasi Bali. Kami tetap menghimpun laporan dari lapangan terkait situasi rusaknya termasuk juga dari BPBD ditempat, ” tutur Dwikorita seperti diberitakan dari Pada.

46 Orang Di Lombok Luka-luka Akibat Gempa

Penduduk yang situasi tempat tinggalnya sekali-kali tdk alami rusaknya udah dihimbau kembali lagi rumah, meskipun mesti selalu hati-hati serta tdk dipengaruhi desas-desus yang tdk dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Arifianto menyampaikan rata-rata korban luka alami patah tulang paha, kaki serta bahu dan luka robek pada kulit. ” Ada yang patah tulang paha, pundak, ada yang luka robek, ada pula yang trauma, ” jelas Arifianto.

Sekarang ini mereka dirawat di pos kesehatan punya TNI serta kecamatan ditempat. Arifianto menjelaskan situasi udah sehat walaupun gempat kecil tetap berlangsung.

” Situasi teranyar udah mulai sehat, penduduk udah mulai tenang. Gempa kecil tetap ada tetapi tdk sekeras barusan, ” tutur dia.

Titik gempa berpusat di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gempa merasa sampai ke Lombok Timur. Gempa berlangsung pada waktu 18. 46 WIB barusan.

Tempat gempa ada di titik 8. 37 LS serta 116. 48 BT. Gempa berlangsung pada kedalaman 15 km. Pernah dikatakan gempa miliki potensi tsunami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *