6 Bahaya Kesehatan Akibat Kurang Tidur

by
KESEHATAN
KESEHATAN

BERITA HARI INI – Terbiasa terjaga hingga larut malam adalah kebiasaan buruk, hal ini karena bisa memicu Anda kekurangan jam tidur. Ada banyak sekali bahaya kesehatan yang bisa dipicu oleh kebiasaan kurang tidur. Apa saja? Simak ulasannya:

1. Menderita Penyakit Jantung
Normalnya manusia harus tidur 7 sampai 8 jam perhari. Saat kurang dari waktu normal ini maka Anda bisa menderita masalah yang berkaitan dengan jantung, kurang tidur terbukti bisa merusak arteri koroner dan memicu penyakit jantung koroner di kemudian hari.

2. Meningkatkan risiko kanker
Beragam kanker seperti kanker prostat, kanker payudara dan kanker usus besar ternyata bisa dipicu oleh kebiasaan kurang tidur. Kurang tidur akan membuat jam biologis tubuh berubah dan membuat metabilsme tubuh tidak berjalan dengan baik.

3. Otak jadi Lemot
Tidur adalah kebutuhan yang tidak bisa digantikan dengan apapun, jika kurang tidur maka otak juga bisa mendapatkan masalah. Anda akan mudah kehilnagan energi saat berpikir yang ujungnya Anda akan mengalami kesulitan berpikir atau telmi, telat mikir.

Bukan hanya itu, Otak Anda juga akan kehilangan ingatan secara perlahan dan Anda pun berakhir menjadi seorang pelupa. Untuk indari ini, sebaiknya kurangi aktiitas begadang Anda.

4.  Berat badan naik tiba-tiba
Kurang tidur juga bisa menyebabkan kegemukan dan masalah obesitas. Kurang tidur akan membuat tubuh membutuhkan energi lebih banyak, Anda pun akan makan lebih banyak dan membuat asupan kalori berlebih. Ini akan memicu berat badan naik tak terkendali.

5.  Risiko diabetes
Naiknya berat badan Anda secara otomatis akan membuat risiko terkena masalah diabetes semakin tinggi. Untuk itu, sebaiknya segera perhatikan waktu tidur Anda ya.

6. Menua lebih Cepat
Kurang tidur akan merubah metabolisme tubuh Anda, hal ini juga akan memicu masalah kulit, rambut dan kuku. Tubuh Anda akan terlihat tua lebih cepat, kulit akan mudah alami keriput dan kendur, sedangkan rambut mudah kusam dan patah terkahir kuku akan terlihat kotor.

Nah, itulah beberapa gangguan kesehatan yang bisa dipicu oleh kebiasaan kurang tidur. Hentikan aktivitas begadang Anda, dan mulailah hidup sehat dengan mempehatikan jumlah waktu tidur Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *